profilUnit Pelaksana Teknis Daerah Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Tangerang Selatan (UPTD Labkesda Kota Tangerang Selatan) adalah sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor – faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat. Labkesda Kota Tangerang Selatan berada di bawah Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Tangerang Selatan senantiasa meningkatkan kualitas dan pelayannya, sehingga dapat memberikan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat. Labkesda Kota Tangerang Selatan telah mendapatkan Sertifikasi dan Akreditasi tingkat internasional, yaitu Akreditasi Laboratorium Kesehatan (KALK) 64/S/KALK-P/XII/2016 : tanggal 23 Desember 2016, KAN ISO/IEC 17025:2008 (ISO/IEC 17025:2005) tanggal 19 November 2018 dan KAN ISO 15189 tanggal 24 Mei 2019. Dengan adanya Sertifikasi dan akreditasi yang telah didapatkan, maka Labkesda Kota Tangerang Selatan akan selalu dapat memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan berkualitas tinggi terhadap masyarakat.

Berdasarkan jenis pelayanannya, UPTD Labkesda Kota Tangerang Selatan terdiri dari :

laboratorium klinik

Laboratorium klinik adalah laboratorium kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan di bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi klinik, parasitologi klinik, imunologi klinik, patologi anatomi dan atau bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit, penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan.

Laboratorium kesehatan masyarakat

adalah laboratorium kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan di bidang mikrobiologi, fisika, kimia dan atau bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan masyarakat dan kesehatan lingkungan terutama untuk menunjang upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat.